Sabtu, 03 November 2012

SILABUS DAN ANALISIS PROGRAM


SILABUS
KELAS XI SEMESTER 1

Nama Sekolah                   : SMA ...
Mata Pelajaran                 : Bahasa Indonesia
Kelas                                     : XI
Semester                                            :  1
Standar Kompetensi       : Mendengarkan
                                             1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara

Kompetensi
Dasar

Materi
Pembelajaran
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber/
Bahan/ Alat
1.1     Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar

Sambutan atau khotbah
·         pokok-pokok isi sambutan
·         ringkasan sambutan/ khotbah

·         Mendengarkan sambutan atau khotbah

·         Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·         Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
·         Menanggapi ringkasan isi sambutan atau khotbah

·   Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
·   Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·   Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

Jenis Tagihan:
·     tugas individu
·     ulangan

Bentuk Instrumen:
·    uraian bebas
·    pilihan ganda
·    jawaban singkat
2
·   tape/ kaset 
    khotbah
1.2    Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara  
Wawancara melalui radio atau televisi
·       isi pokok wawancara
·       cara merangkum hasil wawancara

·            Mendengarkan wawancara melalui radio/ televisi



·           Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat

·           Menyampaikan (secara lisan) isi  rangkuman kepada orang lain
·           Menanggapi (secara lisan) isi rangkuman wawancara

·   Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara : siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi pembicaraannya
·   Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat

·   Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
Jenis Tagihan:
·    tugas individu
·    ulangan

Bentuk Instrumen:
·   uraian bebas
·   pilihan ganda
·   jawaban singkat
2
·      wawancara di radio/ televisi
ANALISIS PROGRAM PENGAJARAN
MATA PELAJARAN                   : Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS/ SEMESTER                   : XI IPA/ IPS
SEMESTER
UNIT
TEMA
POKOK BAHASAN
ALOKASI WAKTU
1
I
RAIHLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CINA
A.      MENYIMAK SAMBUTAN/ PIDATO
16 JAM PELAJARAN
B.      MENJELASKAN ISI ARTIKEL
C.      MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK
D.     MEMAHAMI PRINSI-PRINSIP PENULISAN RESENSI

II
RAGAM PERISTIWA
A.      MENONTON PEMENTASAN DRAMA
16 JAM PELAJARAN
B.      MENYAMPAIKAN DIALOG SESUAI WATAK TOKOH
C.      MEMBACAKAN BERITA
D.     MENULIS DAFTAR PUSTAKA DAN CATATAN KAKI
III
PENGALAMAN BERHARGA
A.      MENDENGARKAN WAWANCARA
16 JAM PELAJARAN
B.      MENJELASKAN HASIL WAWANCARA
C.      MENEMUKAN UNSUR HIKAYAT
D.     MENULIS SURAT DAGANG DAN SURAT KUASA
IV
MANAJEMEN DIRI
A.      MENGEKSPRESIKAN PERILAKU DALAM PEMENTASAN DRAMA
20 JAM PELAJARAN
B.      MENGANALISIS PEMENTASAN DRAMA
C.      MEMBEDAKAN PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
D.     MENULIS PROPOSAL
E.      MEMBACA NOVEL TERJEMAHAN
2
V
LEBIH DEKAT DENGAN ALAM
A.      MERANGKUM ISI PEMBICARAAN DALAM DISKUSI
16 JAM PELAJARAN
B.      MENGEKSPRESIKAN DIALOG PARA TOKOH
C.      MENDESKRIPSIKAN PERILAKU MANUSIA MELALUI DIALOG DRAMA
D.     MEMBACA CEPAT 300 KPM
VI
LIHAT SEKITAR KITA
A.      MENGIDENTIFIKASI ALUR, PENOKOHAN DAN LATAR DALAM CERPEN
16 JAM PELAJARAN
B.      MENULIS KARYA ILMIAH
C.      MEMPRESENTASIKAN HASIL PENELITIAN
D.     MEMBACA BIOGRAFI TOKOH

VII
MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN
A.      MENGOMENTARI PENDAPAT DALAM DISKUSI/ SEMINAR
16 JAM PELAJARAN

B.      MENANGGAPI KOMENTAR YANG DISAMPAIKAN PESERTA DISKUSI
C.      MEMBANDINGKAN NOVEL DAN HIKAYAT
D.     MENULIS RANGKUMAN ISI BUKU
VIII
JURNALISME DAMAI
A.      MENEMUKAN NILAI-NILAI DALAM CERPEN
20 JAM PELAJARAN
B.      BERMAIN DRAMA
C.      MENARASIKAN PENGALAMAN DALAM NASKAH DRAMA
D.     MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI
E.      MENULIS NOTULA RAPAT


             Keterangan:
            1 x pertemuan                         = 2 jam pelajaran
            1 jam pelajaran                       = 45 menit
            1 minggu                                 = 4 jam pelajaran
            Minggu efektif                         = 34-38 minggu





Tidak ada komentar:

Posting Komentar