SILABUS
KELAS XI
SEMESTER 1
Nama Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : XI
Semester : 1
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1.
Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
1.1 Menemukan
pokok-pokok isi sambutan/
khotbah yang didengar
|
Sambutan
atau khotbah
·
pokok-pokok isi sambutan
·
ringkasan sambutan/ khotbah
|
·
Mendengarkan
sambutan atau khotbah
·
Menuliskan pokok-pokok isi
sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
·
Menyampaikan (secara lisan)
ringkasan sambutan atau khotbah
·
Menanggapi ringkasan isi
sambutan atau khotbah
|
· Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah
yang didengarkan
· Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke
dalam beberapa kalimat
· Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
2
|
· tape/
kaset
khotbah
|
1.2
Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
|
Wawancara melalui radio atau televisi
·
isi pokok wawancara
·
cara merangkum hasil wawancara
|
·
Mendengarkan
wawancara melalui radio/ televisi
·
Merangkum seluruh isi
pembicaraan dalam beberapa kalimat
·
Menyampaikan (secara lisan)
isi rangkuman kepada orang lain
·
Menanggapi (secara lisan)
isi rangkuman wawancara
|
· Mencatat pokok-pokok pembicaraan dalam wawancara
: siapa yang mewawancarai dan siapa yang diwawancarai, serta apa isi
pembicaraannya
· Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam
beberapa kalimat
· Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain
|
Jenis Tagihan:
·
tugas individu
·
ulangan
Bentuk Instrumen:
·
uraian bebas
·
pilihan ganda
·
jawaban singkat
|
2
|
·
wawancara di
radio/ televisi
|
ANALISIS
PROGRAM PENGAJARAN
MATA
PELAJARAN : Bahasa dan
Sastra Indonesia
KELAS/
SEMESTER : XI IPA/ IPS
SEMESTER
|
UNIT
|
TEMA
|
POKOK BAHASAN
|
ALOKASI WAKTU
|
1
|
I
|
RAIHLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CINA
|
A.
MENYIMAK
SAMBUTAN/ PIDATO
|
16 JAM PELAJARAN
|
B.
MENJELASKAN ISI
ARTIKEL
|
||||
C.
MENGANALISIS
UNSUR INTRINSIK
|
||||
D.
MEMAHAMI
PRINSI-PRINSIP PENULISAN RESENSI
|
||||
|
||||
II
|
RAGAM PERISTIWA
|
A.
MENONTON
PEMENTASAN DRAMA
|
16 JAM PELAJARAN
|
|
B.
MENYAMPAIKAN
DIALOG SESUAI WATAK TOKOH
|
||||
C.
MEMBACAKAN
BERITA
|
||||
D.
MENULIS DAFTAR
PUSTAKA DAN CATATAN KAKI
|
||||
III
|
PENGALAMAN BERHARGA
|
A.
MENDENGARKAN
WAWANCARA
|
16 JAM PELAJARAN
|
|
B.
MENJELASKAN
HASIL WAWANCARA
|
||||
C.
MENEMUKAN UNSUR
HIKAYAT
|
||||
D.
MENULIS SURAT
DAGANG DAN SURAT KUASA
|
||||
IV
|
MANAJEMEN DIRI
|
A.
MENGEKSPRESIKAN
PERILAKU DALAM PEMENTASAN DRAMA
|
20 JAM PELAJARAN
|
|
B.
MENGANALISIS
PEMENTASAN DRAMA
|
||||
C.
MEMBEDAKAN
PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF
|
||||
D.
MENULIS
PROPOSAL
|
||||
E.
MEMBACA NOVEL
TERJEMAHAN
|
||||
2
|
V
|
LEBIH DEKAT DENGAN ALAM
|
A.
MERANGKUM ISI
PEMBICARAAN DALAM DISKUSI
|
16 JAM PELAJARAN
|
B.
MENGEKSPRESIKAN
DIALOG PARA TOKOH
|
||||
C.
MENDESKRIPSIKAN
PERILAKU MANUSIA MELALUI DIALOG DRAMA
|
||||
D.
MEMBACA CEPAT
300 KPM
|
||||
VI
|
LIHAT SEKITAR KITA
|
A.
MENGIDENTIFIKASI
ALUR, PENOKOHAN DAN LATAR DALAM CERPEN
|
16 JAM PELAJARAN
|
|
B.
MENULIS KARYA
ILMIAH
|
||||
C.
MEMPRESENTASIKAN
HASIL PENELITIAN
|
||||
D.
MEMBACA
BIOGRAFI TOKOH
|
||||
|
VII
|
MENGHADAPI TANTANGAN ZAMAN
|
A.
MENGOMENTARI
PENDAPAT DALAM DISKUSI/ SEMINAR
|
16 JAM PELAJARAN
|
|
B.
MENANGGAPI
KOMENTAR YANG DISAMPAIKAN PESERTA DISKUSI
|
|||
C.
MEMBANDINGKAN
NOVEL DAN HIKAYAT
|
||||
D.
MENULIS
RANGKUMAN ISI BUKU
|
||||
VIII
|
JURNALISME DAMAI
|
A.
MENEMUKAN
NILAI-NILAI DALAM CERPEN
|
20 JAM PELAJARAN
|
|
B.
BERMAIN DRAMA
|
||||
C.
MENARASIKAN
PENGALAMAN DALAM NASKAH DRAMA
|
||||
D.
MEMBEDAKAN
FAKTA DAN OPINI
|
||||
E.
MENULIS NOTULA
RAPAT
|
Keterangan:
1 x
pertemuan = 2 jam
pelajaran
1 jam
pelajaran = 45 menit
1 minggu = 4 jam
pelajaran
Minggu
efektif = 34-38
minggu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar