Kontrak kuliah
MK SEMANTIK
BAHASA INDONESIA
MK SEMANTIK
BAHASA INDONESIA
Isah Susilawati
PROGRAM STUDI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
STKIP SETIA BUDI RANGKASBITUNG
2012
DESKRIPSI UMUM
PERKULIAHAN
Mata
kuliah Semantik Bahasa Indonesia merupakan mata kuliah lanjutan dari mata
kuliah Semantik Bahasa Indonesia. Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan mampu memiliki pengetahuan dan pemahaman yang memadai mengenai
semantik bahasa Indonesia sebagai bekal untuk mengajarkan keterampilan
berbahasa Indonesia di sekolah menengah. Dalam perkuliahan ini dibahas sejarah
dan perkembangan semantik, hubungan semantik dengan ilmu lain, aspek-aspek
semantik, aspek-aspek makna, kajian, medan, jenis, relasi, dan perubahan makna.
Di samping itu, juga dibahas penerapan semantik dalam pengajaran bahasa di SLTP dan SLTA.
TUJUAN PERKULIAHAN
Selesai mengikuti perkuliahan ini
mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan semantik bahasa Indonesia. Selain itu,
juga diharapkan mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang
semantik bahasa Indonesia sebagai dasar dan bekal untuk mengajarkan keterampilan
berbahasa Indonesia di tingkat SLTP atau SLTA.
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi
|
Pertemuan 1
|
Overview perkuliahan; Sejarah dan Perkembangan Semantik
|
Brainstorming, diskusi, presentasi dosen
|
Pertemuan 2
|
Pengertian semantik; Hubungan Semantik dengan Ilmu Lain
|
Ceramah interaktif, diskusi
|
Pertemuan 3
|
Aspek-aspek Semantik
|
Presentasi Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan 4
|
Aspek-aspek Makna
|
Presentasi Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan 5
|
Kajian Makna
|
Presentasi Mahasiswa, Diskusi
|
TOPIK DAN STRATEGI
PEMBELAJARAN
Pertemuan
|
Topik
|
Strategi
|
Pertemuan
6
|
Medan
makna
|
Presentasi
Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan
7
|
Jenis
makna
|
Presentasi
Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan
8
|
Mid
test
|
|
Pertemuan
9
|
Relasi
makna
|
Presentasi
Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan
10
|
Perubahan
makna
|
Presentasi
Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan
11
|
Pengajaran
makna kata di SMP dan SMA
|
Presentasi
Mahasiswa, Diskusi
|
Pertemuan
12
|
Pembuatan
media pembelajaran untuk pengajaran semantik di Sekolah
|
|
Pertemuan
13
|
Pembuatan
kamus saku
|
|
Pertemuan
15
|
Review
perkuliahan
|
Ceramah
interaktif, brainstorming
|
Pertemuan
16
|
Final
test
|
TAGIHAN DAN PENILAIAN
(20%)
Tugas Individu Terstruktur – Membuat kamus saku minimal 500 kata. (Tugas UAS)
(15%)
Hasil Akhir Tugas Kerja Kelompok: Menginterpretasikan makna dalam sebuah puisi.
(20%)
Presentasi Proyek/Hasil Kerja Kelompok
(25%)
Kehadiran
(10%)
Mid Test
(10%)
Final Test
LITERATUR
Chaer, A. (2002). Pengantar Semantik
Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Leech, G. (1981) Semantics: The Study of
Meaning. England: Penguin Book.
Lyon, G. (1981). Semantics, Volume 1
dan 2. Cambridge: Cambridge University Press.
Parera, J.D. (1993). Leksikon Istilah
Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Pateda, M. (1986). Semantik Leksikal.
Flores: Nusa Indah.
Prawirasumantri, A. (1998). Semantik
Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. (1985) Pengajaran Semantik.
Bandung: Angkasa.
Chaer, A. (2002). Pengantar Semantik
Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Parera, J.D. (1993). Leksikon Istilah
Pembelajaran Bahasa. Jakarta: PT Gramedia.
Prawirasumantri, A. (1998). Semantik
Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Tarigan, H.G. (1985) Pengajaran Semantik.
Bandung: Angkasa.
Aminudin. (1988). Semantik:
Pengantar Studi tentang Makna. Bandung: Sinar Baru.
Djajasudarma, T.F. (1993). Semantik 1
dan 2: Pemahaman Ilmu Makna. Bandung: Eresco.
Slametmulyana. (1964). Semantik (Ilmu
Makna). Jakarta: Jambatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar