Sabtu, 03 November 2012



SILABUS PERKULIAHAN
MEMBACA I












Isah Susilawati, M.Pd.




Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Mathlaul Anwar Banten
2012

SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                                       :  Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah
Kode Mata Kuliah                                :  D.08.314
Mata Kuliah                                          : Membaca I
Jumlah sks                                            :  3
Semester/ Jenjang                                 :  1/ s-1
Deskripsi Mata Kuliah                         :  Mata kuliah Teori Membaca mendukung kompetensi utama untuk menjadi guru mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah lanjutan yang dapat menguasai pengetahuan tentang keterampilan membaca sampai pemahaman bacaan.
Mata kuliah ini merupakan pengetahuan dasar tentang keterampilan membaca dan menjadi dasar bagi mata kuliah lanjutannya yaitu Membaca II.
Mata kuliah berikut minimal, meliputi: pengertian, jenis-jenis membaca, teknik membaca, faktor-faktor penunjang dan penghambat, pemahaman bacaan, dan cara mengajarkan keterampilan membaca pada siswa.
Standar Kompetensi                             :  Mengenal dan mendalami keterampilan membaca sehingga paham dan terampil membaca dengan benar dan efektif, serta dapat menyusun cara mengajarkan keterampilan membaca kepada siswa.

Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
1. Menjelaskan tentang keterampilan berbahasa, empat keterampilan berbahasa, pengertian membaca dari berbagai tokoh, merumuskan hakikat membaca,  dan menyebutkan tujuan, manfaat, serta motivasi  membaca
1. Menjelaskan tentang keterampilan berbahasa.

2. Menyebutkan empat keterampilan berbahasa.

3. Menggambarkan hubungan empat keterampilan
berbahasa.

4. Membacakan pengertian membaca dari berbagai tokoh.

5. Menerapkan pengertian membaca dengan pengalaman membaca mahasiswa sehari-hari.

6. Merumuskan hakikat membaca.

7. Menyebutkan tujuan-tujuan membaca beserta
contoh bacaan yang dapat menunjangnya.

8.Mendeskripsikan manfaat-manfaat membaca dan contoh bacaannya.

9. Menjelaskan berbagai motivasi untuk membaca dan contoh bacaannya.

(PERTEMUAN 1)
·   Mendengarkan penjelasan mengenai keterampilan berbahasa dan pemahaman tentang empat keterampilan berbahasa.

(PERTEMUAN 2)
Kelompok satu
·   Mendiskusikan hubungan empat keterampilan berbahasa.

·   Menggambarkan hubungan tersebut dengan disertai contoh.

(PERTEMUAN 3)
Kelompok 2
·   Membacakan hasil tugas rumah yaitu mencari  pengertian membaca dari berbagai tokoh.

·   Menjelaskan pengertian tersebut dengan penerapannya dalam kegiatan membaca sehari-nari mereka.

·   Mendiskusikan tentang hakikat membaca.

·   Mencatat hakikat membaca secara ringkas.

(PERTEMUAN 4)

·   Menceritakan pengalaman membacanya dengan menyebutkan buku yang dibacanya.

·   Merumuskan dari cerita tersebut mengenai tujuan, manfaat, dan motivasinya membaca buku itu.

·   Mencatat tambahan penjelasan tentang tujuan, manfaat, dan motivasi dari dosen.


·   Keterampilan Berbahasa.
·   Empat keterampilan berbahasa
·   Pengertian membaca
·   Hakikat membaca
·   Tujuan membaca
·   Manfaat membaca
·   Motivasi membaca
3 x 100’
LCD
Henry Guntur Tarigan (1979: 1-10)
Suyatmi dan Yant Mujiyanto (1998)
Hernowo (2001: 59-70)
Hernowo (2003)
Hernowo (2004)
Hernowo (2005)
Colin Rose (2007)
Tugas mahasiswa
Cerita pengalaman mahasiswa.

Proses: Portofolio
Wawancara


2.Mendeskripsikan berbagai jenis keterampilan membaca dan strategi mengajarkannya.
1. Menjelaskan jenis keterampilan membaca nyaring dan membaca diam/batin.

2. Menggambarkan jenis keterampilan membaca permulaan dan membaca lanjut

3. Menguraikan jenis keterampilan membaca intensif dan ekstensif

4. Menerangkan jenis keterampilan membaca kritis.

5. Mendiskusikan jenis keterampilan membaca cepat, membaca skimming dan scanning.

6. Menjabarkan jenis keterampilan membaca SQ3R

7. Menjelaskan jenis keterampilan membaca gaya SAVI

8. Merancang strategi mengajarkan seluruh jenis keterampilan membaca dan mempraktikkannya

·   Mendiskusikan tentang materi jenis-jenis keterampilan membaca sesuai dengan pembagian kelompoknya.

(PERTEMUAN 5)
·   Kelompok tiga
 (membaca nyaring dan membaca batin) dan

(PERTEMUAN 6)
·    Kelompok empat (membaca permulaan dan membaca lanjut) mempresentasi kan hasil tugas kelompok berupa makalah yang isinya mengenai pengertian, tujuan, manfaat, teknik,  contoh bacaannya, dan praktik.

·   Kelompok lain menyimak dari bahan fotokopi makalah kelompok yang bertugas presentasi.

·   Melakukan tanya jawab tentang materi tersebut.

·   Membuat simpulan tentang pengertian, tujuan, manfaat, teknik, contoh bacaannya, dan praktik  

(PERTEMUAN7)
·   Kelompok lima (membaca intensif dan membaca ekstensif) dan

(PERTEMUAN 8 UTS) Tugas UTS membuat resensi buku.

(PERTEMUAN 9)
·   Kelompok enam (membaca kritis) mempresentasi kan hasil tugas kelompok berupa makalah yang isinya mengenai pengertian, tujuan, manfaat, teknik, contoh bacaan, dan praktik.

(PERTEMUAN 10)
·   Kelompok 7
(membaca cepat, skimming dan scanning) mempresentasi kan hasil tugas kelompok berupa makalah yang isinya mengenai pengertian, tujuan, manfaat, teknik, contoh bacaan, dan praktik.

(PERTEMUAN 11)
·   Kelompok delapa (membaca SQ3R) dan
(membaca gaya SAVI) mempresentasi kan hasil tugas kelompok berupa makalah yang isinya mengenai pengertian, tujuan, manfaat, teknik, contoh bacaan, dan praktik.

·   Membuat rancangan strategi mengajarkan jenis-jenis keterampilan membaca di atas.

·   Mempraktikan strategi mengajar yang telah disusun.

Jenis-jenis keterampilan membaca:
·   membaca nyaring dan diam/batin
·   membaca permulaan dan lanjut
·   membaca intensif-ekstensif dan kritis
·   membaca cepat, skimming dan scanning
·   membaca SQ3R dan gaya SAVI.
6 x 100’
LCD atau OHP
Makalah tugas mahasiswa
Teks berita
Puisi, cerpen, dan teks drama
Rekaman puisi dan berita
Artikel (tajuk rencana)
Surat kabar dan buku bacaan lain
Tarigan (1979)
Mujiyanto (1998)
Suyatmini (1998)
Hernowo (2005: 151-169)
Colin Rose (2007)
Gordon Wainwright (2006: 87-89)
Soedarso (2001: 55-89)
Nurhadi (1987)
Tampubolon (1987)



Proses: Portofolio
Tanya jawab
Diskusi


3.Mengidentifikasikan faktor-faktor penunjang dan penghambat membaca dan kecepatan membaca
1. Menyebutkan faktor-faktor penunjang dan penghambat membaca

2. Menjelaskan faktor-faktor penghambat kecepatan membaca.


·  Mendengarkan penjelasan dosen tentang maksud dari faktor-faktor penghambat dan penunjang membaca dan kecepatan membaca.

(PERTEMUAN 12)
Kelompok sembilan
·  Mengidentifikasi faktor-faktor penunjang dan penghambat membaca dari hasil pengalaman membaca buku dan makalah tugas jenis-jenis keterampilan membaca.

·  Membaca bahan fotokopi tentang beberapa faktor penunjang dan penghambat kecepatan membaca


(PERTEMUANN 13)
·  Membentuk kelompok yang terdiri dari dua orang kemudian salah satu membaca dan mahasiswa yang satunya memperhatikan teknik membaca temannya dan mencari faktor penghambat atau penunjang membacanya secara bergantian.

·  Menulis berbagai faktor penunjang dan penghambat membaca dan kecepatan membaca.

·    Faktor-faktor penunjang membaca
·    Faktor-faktor penghambat membaca.
·    Faktor penunjang kecepatan membaca
·    Faktor penghambat kecepatan membaca
2 x 100’
Bahan fotokopi
Buku bacaan (umum)
Colin Rose (2007)
Gordon Wainwright (2006: 27-39)
Soedarso (2001: 1-5)



Proses:
Portofolio

4. Menghitung dan mengukur kecepatan membaca, kemampuan pemahaman, dan kemampuan membaca serta mempraktikkan teknik mengingat.
1. Menghitung kecepatan membaca

2. Mengukur kemampuan pemahaman.

3. Menghitung kemampuan membaca.

4.Mendeskripsikan beberapa teknik mengingat.


5. Mempraktikkan teknik mengingat dan menilai hasilnya.

(PERTEMUAN 14)
·  Mendengarkan penjelasan dari dosen tentang rumus menghitung kecepatan membaca, kemampuan pemahaman, dan kemampuan membaca.

·  Membaca bahan fotokopi sebuah wacana dari dosen dengan waktu yang telah dibatasi.

·  Mencatat waktu dan menuliskan kalimat terakhir yang dibaca.

·  Menjawab pertanyaan dari dosen yang berhubungan dengan wacana tersebut dan setelah selesai mengumpulkan jawabannya.

·  Mengoreksi hasil jawaban mahasiswa lain (silang).

·  Mencari kemampuan membaca, kecepatan membaca, dan kemampuan membaca temannya.

·  Mengembalikan hasil koreksi temannya dan mengetahui hasil kemampuan membaca masing-masing.

(PERTEMUAN 15)
·   Mendengarkan penjelasan dosen tentang berbagai teknik mengingat.

·   Membagi kelompok yang terdiri dari delapan orang.

·   Mempraktikkan teknik mengingat secara bergantian.

·   Membaca bacaan yang telah dibawanya sekaligus menerapkan teknik mengingat.

·   Memberi pertanyaan kepada mahasiswa yang tadi membaca buku.


·   Menilai jawaban dari temannya yang menjawab sekaigus menilai hasil ingatannya.
·   Rumus mencari kecepatan membaca
·   Rumus mencari kemampuan pemahaman
·   Rumus mencari kemampuan membaca
·   Teknik mengingat

2 x 100’

Fotokopi bacaan
Suyatmini dan Yant Mujiyanto (1998)
Soedarso (2001: 14-17)
Gordon Wainwright (2006: 41-53)
Hernowo (2001)
Hernowo (2005)
Colin Rose (2007)
Proses: Portofolio

5. Membaca dan menafsirkan suatu bacaan.
1. Menceritakan sinopsis atau ringkasan dari bacaan.

2. Membaca dan memparafrasekan puisi.

3. Membuat kritik dari artikel dalam surat kabar.

4. Membacakan teks berita.
(TUGAS UAS)
Mengumpulkan tugas kelompok yang telah ditentukan, yaitu: membuat sinopsis dari cerpen atau novel, membuat parafrase puisi, membuat kritik, membuat ringkasan, dan menulis teks berita.

·   Mewakili setiap kelompok membacakan hasil tugas kelompoknya.

·   Kelompok lain menyimak dan mengoreksi apabila ada kekurangan atau kesalahan, demikian terus secara bergantian.

·   (PERTUAM 16 UAS)

·   Sinopsis
·   Parafrase
·   Ringkasan
·   Kritik
·   Teks berita

1 x 100’
LCD
Hasil tugas mahasiswa
Buku bacaan
Soedarso (2001)
Suyitno dan Purwadi (1997)
Burhan (1971)
Natawidjaya (1980)
Keraf (1983)
Proses: Portofolio


Bahan bacaan:
Burhan, Yasir. 1971. Problema Bahasa dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Ganaco.
D.P Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca Teknik, Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
Hernowo. 2001. Mengikat Makna: Kiat-kiat Ampuh untuk Melejitkan Kemauan plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Bandung: Mizan
_______. 2003. Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza: Rangsangan Baru untuk Melejitkan “Word Smart”. Bandung: Mizan
_______. 2005. Quantum Reading. Bandung: Mizan.
Keraf, Gorys. 1989. Komposisi. Nusa Dua: Flores.
Natawidjaya, P. Suparman. 1980. Apresiasi Sastra dan Budaya. Jakarta: Intermasa.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.
Rose, Colin. 2007. Super Accelarated Learning. Bandung: Jabal.
Soedarso. 2001. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suyatmi dan Yant Mujiyanto. 1998. Membaca: Perjalanan Menuju Insan Cendekia. Buku ajar UNS Surakarta.
Suyatmi. 1998. Membaca I. Buku ajar UNS Surakarta.
Suyatmi dan Yant Mujiyanto. 1998. Membaca II. Buku ajar UNS Surakarta.
Suyatmi dan Yant Mujiyanto. 1998. Membaca III. Buku ajar UNS Surakarta.
Suyitno dan Purwadi. 1997. Menulis I: Dasar-dasar Komposisi. Buku ajar UNS.
Sumardjo, Jacob. 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Hendry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Hendry Guntur. 1979. Membaca Ekspresif. Bandung: Angkasa.
Wainwright, Gordon. 2006. Speed Reading Better Recalling. Jakarta: Gramedia.



                                                                                                                                                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar