Sabtu, 03 November 2012


Perkuliahan MK Seminar Pertemuan 4
Kurikulum Pengajaran Bahasa


Isah Susilawati

Landasan Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia
       Prinsip-Prinsip Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia
  1. Humanisme
  2. Progresivisme
  3. rekonstruksionisme
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
                Bahasa merupakan salah satu alat untu berkomunikasi di dalam dunia pendidikan maupun di luar dunia pendidikan. Pada dasaranya pengetahuan dan keterampilan berbahasa dapat diperoleh dengan cara mengikuti pembelajaran berbahasa. Sistem pembelajaran bahasa ini diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang terampil dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis.

Tujuan Pembelajaran
 Bahasa Indonesia
Mata pelajaran bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebaai berikut:
  1. Meningkatkan kemampuan peserta didik untuk mencapai tingkat kualifikasi unggul.
  2. Menerapkan kompetensi berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
  3. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien, baik secara lisan maupun tertulis.
  4. Meningkatkan kemampuan memanfaatkan berbahasa Indonesia untuk memperoleh kecakapan hidup.

Standar Kompetensi
       Standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Sasaran yang akan dicapai pada standar kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia:
       pembelajaran bahasa Indonesia diupayakan dalam kelas kecil agar lebih intensif, menarik dan menyenangkan;
       Pembelajaran bahasa Indonesia ditekankan pada proporsi yang sama dalam aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia;
       guru lebih kreatif dalam mengembangkan bahan ajar, metode pembelajaran, serta pengadaan sarana dan prasarana mata pelajaran bahasa Indonesia; 
       adanya kerja sama dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia;
       Bahasa Indonesia difungsikan sebaai sarana untuk menyerap berbagai informasi.


v  menanamkan kesadaran, kecintaan, kebanggaan, dan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia,
v  menanamkan pengertian dan kesadaran bahwa bahasa Indonesia merupakan sarana komunikasi di Indonesia,
v  mengembangan daya nalar dan daya cipta serta berpikir mandiri,
v  mengolah dan memanfaatkan informasi dari berbagai pihak,
v  mendayagunakan bahasa Indonesia untuk mengatasi masalah kehidupan sosial dan kehidupan profesi,
v  meningkatan apresiasi seni, berbahasa dalam rangka pelestarian budaya bangsa.
Standar Isi
 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar