Perkuliahan MK Seminar Pertemuan 4
Kurikulum Pengajaran Bahasa
Kurikulum Pengajaran Bahasa
Isah Susilawati
Landasan Pengembangan Kurikulum Bahasa Indonesia
• Prinsip-Prinsip
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia
- Humanisme
- Progresivisme
- rekonstruksionisme
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Bahasa
merupakan salah satu alat untu berkomunikasi di dalam dunia pendidikan maupun
di luar dunia pendidikan. Pada dasaranya pengetahuan dan keterampilan berbahasa
dapat diperoleh dengan cara mengikuti pembelajaran berbahasa. Sistem
pembelajaran bahasa ini diharapkan dapat menghasilkan peserta didik yang
terampil dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis.
Tujuan Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia
Mata pelajaran bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik
memiliki kemampuan sebaai berikut:
- Meningkatkan
kemampuan peserta didik untuk mencapai tingkat kualifikasi unggul.
- Menerapkan
kompetensi berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
- Meningkatkan
kemampuan berkomunikasi secara efektif dan efisien, baik secara lisan
maupun tertulis.
- Meningkatkan
kemampuan memanfaatkan berbahasa Indonesia untuk memperoleh kecakapan
hidup.
Standar Kompetensi
• Standar
kompetensi mata pelajaran bahasa Indonesia merupakan kualifikasi kemampuan
minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan dan
keterampilan.
Sasaran yang akan dicapai pada standar kompetensi mata
pelajaran bahasa Indonesia:
• pembelajaran
bahasa Indonesia diupayakan dalam kelas kecil agar lebih intensif, menarik dan
menyenangkan;
• Pembelajaran
bahasa Indonesia ditekankan pada proporsi yang sama dalam aspek sikap,
pengetahuan dan keterampilan berbahasa Indonesia;
• guru
lebih kreatif dalam mengembangkan bahan ajar, metode pembelajaran, serta
pengadaan sarana dan prasarana mata pelajaran bahasa Indonesia;
• adanya
kerja sama dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia;
• Bahasa
Indonesia difungsikan sebaai sarana untuk menyerap berbagai informasi.
v menanamkan
kesadaran, kecintaan, kebanggaan, dan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia,
v menanamkan
pengertian dan kesadaran bahwa bahasa Indonesia merupakan sarana komunikasi di
Indonesia,
v mengembangan
daya nalar dan daya cipta serta berpikir mandiri,
v mengolah
dan memanfaatkan informasi dari berbagai pihak,
v mendayagunakan
bahasa Indonesia untuk mengatasi masalah kehidupan sosial dan kehidupan
profesi,
v meningkatan
apresiasi seni, berbahasa dalam rangka pelestarian budaya bangsa.
Standar Isi
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar