Sabtu, 03 November 2012





SILABUS PERKULIAHAN
SEMINAR BAHASA DAN SASTRA SERTA PENGAJARANNYA























Isah Susilawati, M.Pd.














Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Mathlaul Anwar Banten
2012




SILABUS PERKULIAHAN


1. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah        :  Seminar Bahasa dan Sastra serta Pengajarannya
Kode Mata Kuliah        :  D. 08. 353
Bobot SKS               :  2  SKS
Semester/Jenjang        : 7 / S-1
Jurusan/ Progdi         : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

1. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ini membahas pokok masalah yang berkenaan dengan landasan pengajaran bahasa dan sastra, aspek pengajaran bahasa dan sastra, kurikulum pengajaran bahasa dan sastra, siswa yang mempelajari bahasa dan sastra, metode pengajaran bahasa dan sastra, analisis kesalahan bahasa, uji bahasa dan sastra, buku pelajaran bahasa dan sastra, serta guru bahasa dan sastra.
2. TUJUAN MATA KULIAH
Tujuan perkuliahan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menemukan dan memilih pokok-pokok masalah yang terdapat dalam kenyataan kehidupan bahasa, sastra dan pengajarannnya, serta meneliti dan membahasnya dengan menggunakan teori-teori yang relevan untuk menemukan pemecahannya.
3. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode      : Ceramah dan Tanya jawab
Tugas       : Laporan buku dan makalah, presentasi dan diskusi
Media       : OHP, LCD/Power Point
4. MATERI POKOK-POKOK PERKULIAHAN
Pertemuan I
Membahas :
1)  Tujuan mata kuliah
2)  Ruang lingkup mata kuliah
3)  Kebijaksanaan pelaksanaan perkuliahan
4)  Kebijaksanaan penilaian hasil belajar
5)  Tugas yang harus diselesaikan

Pertemuan II
Landasan pengajaran bahasa :
1)  Pemanfaatan ilmu bahasa
2)  Pemanfatan ilmu pendidikan
3)  Pemanfaatan piranti teknologi

Pertemuan III
Aspek-aspek pengajaran bahasa :
1)  Pengajaran struktur bahasa
2)  Pengajaran kosakata
3)  Pengajaran norma penggunaan bahasa
4)  Pengajaran keterampilan berbahasa



Pertemuan IV
Kurikulum pengajaran bahasa
1)  Pandangan yang melandasi penyusunan kurikulum pengajaran bahasa
2)  Tujuan pengajaran bahasa
3)  Unit-unit dalam kurikulum pengajaran bahasa
4)  Cakupan dan urutan bahan pengajaran bahasa

Pertemuan V
Siswa yang mempelajari bahasa
1)  Usia siswa
2)  Latar belakang kebiasaan
3)  Keadaan diri siswa

Pertemuan VI
Metode pengajaran bahasa
1)  Berbagai jenis metode pengajaran bahasa
2)  Perbedaan dalam teori bahasa, jenis deskripsi bahasa, dan cita tentang bahasa serta pengaruhnua pada metode pengajaran bahasa
3)  Segi-segi yang umum pada setiap metode


Pertemuan VII
Uji bahasa
1)  Tujuan Uji
2)  Hal yang di uji
3)  Cara uji

Pertemuan XII
Situasi aneka sastra
1)  Aneka sastra pada wilayah atau bangsa
2)  Telaah perbandingan sastra
3)  Pengajuan sastra dalam situasi aneka sastra

Pertemuan XIII
1)  Keadaan murid yang beraneka ragam
2)  Penyiapan bahan dengan mempertimbangkan keadaan murid
3)  Cara belajar siswa aktif

Pertemuan XIV
Metode pengajaran sastra
1)  Pertimbangan dalam mamilih metode pengajaran sastra
2)  Aspek-aspek pengajaran sastra antara metode yang digunakan
3)  Berbahai aspek teknik pengajaran sastra



Pertemuan XV
Guru Sastra
1)  Tuntutan dari segi pengetahuan tentang ilmu sastra
2)  Tuntutan dari segi pengalaman dengan sastra
3)  Tuntutan dari segi kemampuan menggunakan metode-metode pengajaran sastra

Pertemuan XVI
1)  Tinjauan keseluruhan perkuliahan
2)  Perumusan masalah-masalah
3)  Kebahasaan, kesastraan, dan pengajarannya
4)  Hari terakhir penyerahan tugas

Pertemuan XVII
1)  Tinjauan keseluruhan perkuliahan
2)  Perumusan masalah-masalah
3)  Kebahasaan, kesastraan, dan pengajarannya
4)  Hari terakhir penyerahan tugas

5.TUGAS-TUGAS YANG DIBERIKAN
1)      Membaca buku wajib
2)   Membaca buku-buku/makalah-makalah yang berkaitan dengan proses seminar masalah bahasa dan sastra serta pengajarannya.
3)      Membuat laporan buku/bab yang terkait sebagai teori yang dapat memecahkan permasalahan. (tugas UTS)
4)      Membuat makalah tentang seminar masalah bahasa dan sastra serta pengajarannya dan upaya pemecahan masalahnya. (Tugas UAS)

6.PENILAIAN
Nilai akhir diberikan setelah mempertimbangkan beberapa hasil penilaian
1)  Penyajian makalah dan diskusinya
2)  Laporan buku (Tugas UTS)
3)  Tugas UAS
4)  Ujian tengah semester (UTS)
5)  Ujian akhir Semester (UAS)
6)  Kehadiran


7. REFERENSI

Bennet, W.A., 1968. Aspect of Language Teaching. Cambridge at the University Press.
Burhan, Yasir. 1971. Problema Bahasa dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Ganaco.
Verhar. 2000. Linguistik Umum. Bandung: Angkasa.
Rusyana, Yus. 1985. Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung: CV Dipenogoro.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Wellek, Renee, and Austin Warren. 1965. Theory of Literature. New Jersey: Harcourt.
Wellek, Renne. 1976. Concept of Criticsm. New Heaven: Yale University Press.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar