SILABUS PERKULIAHAN
SEMINAR BAHASA DAN
SASTRA SERTA PENGAJARANNYA
Isah Susilawati, M.Pd.
Program Studi
Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Mathlaul Anwar Banten
2012
SILABUS PERKULIAHAN
1.
Identitas Mata Kuliah
Nama
Mata Kuliah : Seminar Bahasa dan Sastra serta Pengajarannya
Kode
Mata Kuliah : D. 08. 353
Bobot
SKS : 2 SKS
Semester/Jenjang : 7 / S-1
Jurusan/
Progdi : Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia
1. DESKRIPSI MATA KULIAH
Perkuliahan ini membahas pokok
masalah yang berkenaan dengan landasan pengajaran bahasa dan sastra, aspek
pengajaran bahasa dan sastra, kurikulum pengajaran bahasa dan sastra, siswa
yang mempelajari bahasa dan sastra, metode pengajaran bahasa dan sastra,
analisis kesalahan bahasa, uji bahasa dan sastra, buku pelajaran bahasa dan
sastra, serta guru bahasa dan sastra.
2. TUJUAN MATA KULIAH
Tujuan perkuliahan ini adalah
untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menemukan dan memilih pokok-pokok
masalah yang terdapat dalam kenyataan kehidupan bahasa, sastra dan
pengajarannnya, serta meneliti dan membahasnya dengan menggunakan teori-teori
yang relevan untuk menemukan pemecahannya.
3. PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah dan Tanya jawab
Tugas : Laporan buku dan makalah, presentasi dan diskusi
Media : OHP, LCD/Power Point
4. MATERI POKOK-POKOK
PERKULIAHAN
Pertemuan I
Membahas :
1) Tujuan mata kuliah
2) Ruang lingkup mata kuliah
3) Kebijaksanaan pelaksanaan
perkuliahan
4) Kebijaksanaan penilaian hasil
belajar
5) Tugas yang harus diselesaikan
Pertemuan II
Landasan pengajaran bahasa :
1) Pemanfaatan ilmu bahasa
2) Pemanfatan ilmu pendidikan
3) Pemanfaatan piranti teknologi
Pertemuan III
Aspek-aspek pengajaran bahasa :
1) Pengajaran struktur bahasa
2) Pengajaran kosakata
3) Pengajaran norma penggunaan
bahasa
4) Pengajaran keterampilan berbahasa
Pertemuan IV
Kurikulum pengajaran bahasa
1) Pandangan yang melandasi
penyusunan kurikulum pengajaran bahasa
2) Tujuan pengajaran bahasa
3) Unit-unit dalam kurikulum
pengajaran bahasa
4) Cakupan dan urutan bahan
pengajaran bahasa
Pertemuan V
Siswa yang mempelajari bahasa
1) Usia siswa
2) Latar belakang kebiasaan
3) Keadaan diri siswa
Pertemuan VI
Metode pengajaran bahasa
1) Berbagai jenis metode pengajaran
bahasa
2) Perbedaan dalam teori bahasa,
jenis deskripsi bahasa, dan cita tentang bahasa serta pengaruhnua pada metode
pengajaran bahasa
3) Segi-segi yang umum pada setiap
metode
Pertemuan VII
Uji bahasa
1) Tujuan Uji
2) Hal yang di uji
3) Cara uji
Pertemuan XII
Situasi aneka sastra
1) Aneka sastra pada wilayah atau
bangsa
2) Telaah perbandingan sastra
3) Pengajuan sastra dalam situasi
aneka sastra
Pertemuan XIII
1) Keadaan murid yang beraneka ragam
2) Penyiapan bahan dengan
mempertimbangkan keadaan murid
3) Cara belajar siswa aktif
Pertemuan XIV
Metode pengajaran sastra
1) Pertimbangan dalam mamilih metode
pengajaran sastra
2) Aspek-aspek pengajaran sastra
antara metode yang digunakan
3) Berbahai aspek teknik pengajaran
sastra
Pertemuan XV
Guru Sastra
1) Tuntutan dari segi pengetahuan
tentang ilmu sastra
2) Tuntutan dari segi pengalaman
dengan sastra
3) Tuntutan dari segi kemampuan
menggunakan metode-metode pengajaran sastra
Pertemuan XVI
1) Tinjauan keseluruhan perkuliahan
2) Perumusan masalah-masalah
3) Kebahasaan, kesastraan, dan
pengajarannya
4) Hari terakhir penyerahan tugas
Pertemuan XVII
1) Tinjauan keseluruhan perkuliahan
2) Perumusan masalah-masalah
3) Kebahasaan, kesastraan, dan
pengajarannya
4) Hari terakhir penyerahan tugas
5.TUGAS-TUGAS YANG DIBERIKAN
1)
Membaca
buku wajib
2)
Membaca buku-buku/makalah-makalah yang berkaitan
dengan proses seminar masalah
bahasa dan sastra serta pengajarannya.
3)
Membuat
laporan buku/bab yang terkait sebagai teori yang dapat memecahkan permasalahan.
(tugas UTS)
4)
Membuat
makalah tentang seminar masalah bahasa
dan sastra serta pengajarannya dan upaya pemecahan masalahnya. (Tugas
UAS)
6.PENILAIAN
Nilai akhir
diberikan setelah mempertimbangkan beberapa hasil penilaian
1) Penyajian makalah dan
diskusinya
2) Laporan buku (Tugas
UTS)
3) Tugas UAS
4) Ujian tengah semester
(UTS)
5) Ujian akhir Semester
(UAS)
6) Kehadiran
7. REFERENSI
Bennet, W.A., 1968.
Aspect of Language Teaching.
Cambridge at the University Press.
Burhan, Yasir. 1971. Problema Bahasa
dan Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Ganaco.
Verhar. 2000. Linguistik Umum. Bandung: Angkasa.
Rusyana, Yus. 1985.
Bahasa dan sastra dalam Gamitan
Pendidikan. Bandung: CV Dipenogoro.
Teeuw, A. 1984. Sastra
dan Ilmu Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.
Wellek, Renee, and Austin Warren. 1965. Theory of Literature. New Jersey:
Harcourt.
Wellek, Renne. 1976. Concept
of Criticsm. New Heaven: Yale University Press.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar