Rabu, 28 November 2012

Tujuan dan
Manfaat Penlitian

ž  Tujuan penelitian ini adalah pernyataan mengenai ruang lingkup dan kegiatan yang akan dilakukan berdasarkan masalah yang telah dirumuskan. Tujuan penelitian harus konsisten dengan rumuan masalah. Setelah tujuan penelitian ditetapkan maka langkah berikutnya adalah mengemukakan manfaat yang dapat dipetik dari penelitian.
ž   Tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan adanya hasil, sesuatu yang diperolah setelah penelitian- penelitian selesai, sesuatu yang  akan dicapai/dituju dalam sebuah penelitian. Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peniliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan. Oleh karena, rumusan tujuan harus relevan dengan identitas masalah yang ditemukan, rumusan masalah dan mencerminkan proses penelitian.
ž  Tujuan penelitian dibedakan menjadi dua macam yaitu :
a.       Tujuan Umum, mengandung uraian garis besar sasaran akhir secara keseluruan yang akan dicapai.
b.      Tujuan khusus, mengandung uraian secara rinci untuk mencapai tujuan umum.

Manfaat atau Kegunaan Penelitian
ž  Manfaat penelitian merupakan dampak dari pencapaiannya tujuan. Seandainya dalam penelitian, tujuan dapat tercapai dan rumusan masalah dapat dipecahkan secara tepat dan akurat, maka apa manfaatnya secara praktis maupun secara teoritis.
ž  Kegunaan penelitian mempunyai dua hal yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan (secara teoritis) dan membantu mengatasi, memecahkan dan mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti (secara praktis).
ž  Kegunaan hasil penelitian terhubung dengan saran-saran yang diajukan setelah kesimpulan. Kegunaan hasil penelitian merupakan follow up pengguna informasi yang didapat dari kesimpulan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar