Sabtu, 03 November 2012


Perkuliahan MK Penelitian Pertemuan ke 4

Pemetaan teori penelitian bahasa & sastra

Isah Susilawati

PEMETAAN TEORI PENELITIAN
Penelitian bahasa dan sastra merupakan penelitian yang bersifat ilmiah. Dilakukan secara sistematis, terkontrol, empiris, kiritis, untuk memecahkan suatu permasalahan atau untuk menguji suatu kebenaran dalam masalah bahasa dan sastra sebagai objek kajiannya.
Suatu peneletian harus didukung dengan teori yang berkaitan dengan masalah yang sedang diteliti, hal ini guna menguatkan penelitian yang sedang dilakukan.
 LANDASAN TEORI
ž  Teori terbaru dari sumber primer : jurnal
ž  Bukan definisi
ž  Teori yang akan digunakan dalam pembahasan, yang juga menunjukkan adanya research gap
ž  Tidak memindahkan secara lengkap huruf dan tanda baca dari sumbernya, tapi dituliskan menggunakan kalimat sendiri dengan tidak mengubah artinya
ž  Merujuk artikel yang dibaca dengan menuliskan nama dan tahun
ž  Semakin banyak sumber yang dikutip untuk teori yg sama, teori yg dikutip semakin kuat.
Teori-teori yang berhubungan dengan penelitian sastra
1. Pendekatan dalam penelitian sastra, beberapa di antaranya:
¡  Pendekatan struktural
¡  Pendekatan kesejarahan
¡  Pendekatan filosofis
¡  Pendekatan semiotik
¡  Pendekatan psikologis
¡  Pendekatan sosiologis
¡  Pendekatan eklektikal
¡  Pendekatan antropologi
¡  Penekatan feminisme
2. Teori berkaitan dengan pengajaran sastra, beberapa di antaranya:
  • Cipta sastra (Prosa, puisi, dll.).
  • Unsur pembangun karya sastra.
  • Drama dan teater.
  • Mengapresiasi sastra.
3. Teori Pembelajaran Sastra, beberapa di antaranya:
  • Kurikulum dan silabus pembelajaran sastra.
  • Teknik dan metode yang digunakan dalam pembelajaran sastra.
  • Media yang sesuai dengan pembelajaran sastra.
Teori-teori yang berhubungan dengan penelitian bahasa
  1. Pendekatan dalam penelitian bahasa, beberapa di antaranya:
  • Pendekatan sosiolinguistik
  • Pendekatan psikolinguistik
  • Pendekatan sinkronis (menkaji sistem bahasa pada waktu tertentu)
  • Pendekatan diakronis (menkaji perkembanan bahasa dan satu masa ke masa yan lain, serta membandingkan bahasa yang satu dengan bahasa yang lain)
2. Teori berkaitan dengan pengajaran bahasa, beberapa di antaranya:
  • Kata berimbuhan dan kata ulang.
  • Frase, idom dan kata majemuk
  • Tata bentuk makna
  • Majas dan peri bahasa
  • Struktur dan jenis-jenis kalimat
  • Tata wacana
  • Keterampilan berbahasa
  • Menulis surat, dll.
3. Teori berkaitan dengan pembelajaran bahasa, beberapa di antaranya:
  • Kurikulum dan silabus pembelajaran bahasa
  • Teknik dan metode pembelajaran bahasa
  • Media yang digunakan dalam pembelajaran bahasa, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar