Sabtu, 03 November 2012

TENTANG KEMATIAN


Mati bukanlah sekadar ketiadaan, demikian hal yang pernah dinyatakan Jalaludin al-Suyuthi. Mati bukan pula suatu kebinasaan. Akan tetapi, mati terputusnya hubungan ruh dengan badan, keterpisahan dan keterhalangan antara keduanya, perubahan keadaan dan perpindahan dari satu alam ke alam lainnya.
 Sahabat Bilal bin Sa'ad pernah menyampaikan satu nasihat berkaitan dengan kematian. Katanya " Wahai kaum yang menghuni keabadian, sesungguhnya kalian diciptakan tidak untuk kefanaan, tetapi untuk keabadian. Oleh karena itu kalian hanya dipindahkan dari satu alam ke alam lainnya. Kematian manusia adalah jalan manusia untuk bisa berpindah dari satu alam ke alam lainnya.
 Abu Qatadah menceritakan bahwa suatu ketika Rasulullah saw. bersama para sahabat melihat rombongan orang yang membawa jenazah. Rasulullah saw. kemudian berkata, " Orang yang beristirahat dan diistirahatkan."Para sahabat kemudian bertanya, " Apa maksudnya ya, Rasulullah?" kemudian Rasulullah menjelaskan maksudnya, bahwa bagi orang mukmin, mati berarti istirahat dari beban dan siksaan dunia dan beralih untuk menikmati rahmat Allah. Adapun mati bagi orang jahat berarti diistirahatkan dari sebagai anggota masyarakat, sebagai hamba yang dapat menikmati daging hewan dan tumbuh-tumbuhan.
 Kematian bagi orang-orang yang bertakwa bukanlah sesuatu yang harus ditakuti dan dijauhi. Sebab mati, kata Ibn Mas'ud adalah hadiah dan impian yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap orang mukmin.
 Kematian itu selalu mengintai dari balik punggung kita. Kita tidak bisa lepas dari intainannya. Ke mana-mana, di mana-mana, selalu ada di dekat kita. Dia tidak bisa diusir. Tidak bisa juga dienyahkan dengan segala macam doa. Dia tidak bisa diteriaki. Apalagi dicaci maki.
 Kematian adalah teman yang sejati. Kala yang hidup meninggalkan kita, kamtian itulah satu-satunya yang tidak pernah meninggalkan kita. Dengan cara sederhana, dia bisa menjemput kita, membawa kita ke alam barzakh. Bisa pula dengan cara yang tidak sederhana. Tak ada tempat untuk lari darinya, tak ada tempat pula untuk bersembunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar