SILABUS PERKULIAHAN
PENELITIAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Isah Susilawati, M.Pd.
Program Studi Bahasa dan Sastra
Indonesia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Mathlaul Anwar Banten
2012
SILABUS PERKULIAHAN
1. Identitas
Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia
Kode Mata Kuliah : D. 08. 348
Bobot SKS : 3 SKS
Semester/Jenjang : 7 / S-1
Jurusan/ Progdi : Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia
2. Deskripsi
Mata Kuliah Dalam mata kuliah ini dibahas teori mendasar mengenai ihwal
penelitian bahasa dan sastra, ruang lingkup penelitian bahasa dan sastra,
pemetaan teoretis penelitian bahasa dan sastra, jenis penelitian bahasa dan
sastra, merumuskan judul, merumuskan latar belakang, merumuskan maksud, tujuan
dan manfaat, merumuskan identifikasi dan rumusan masalah, merumuskan anggapan
dasar dan hipotesis, menentukan metode penelitian, merumuskan landasan teori,
menentukan data dan pengolahan data, menulis proposal dan memahami penulisan
laporan penelitian.
3. Tujuan Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan yang
memadai hal ihwal konsep dasar penelitian dan mampu merancang penelitian
melalui penulisan proposal yang baik sesuai bidang keilmuan serta mampu
bersifat positif terhadap penelitian bahasa dan sastra.
4. Isi dan Urutan Perkuliahan
Pertemuan I
Pokok bahasan:
1. Tujuan mata
kuliah
2. Ruang lingkup
mata kuliah
3. Kebijakan
pelaksanaan perkuliahan
4. kebijakan penilaian hasil belajar
5. Tugas yang
harus diselesaikan
6. Buku ajar yang
harus digunakan
7. Hal-hal lain yang esensial dalam
pelaksanaan perkuliahan
Pertemuan II
Pokok bahasan:
1. Pentingnya
penelitian bahasa dan sastra
2. Filsafat penelitian bahasa dan
sastra
Pertemuan III
Pokok bahasan:
1. Ruang lingkup
penelitian bahasa dan sastra,
2. Kajian penelitian bahasa dan
sastra
Pertemuan IV
Pokok bahasan:
1. Pemetaan
teoretis penelitian bahasa
2. Pemetaan teoretis penelitian
sastra
Pertemuan V
Pokok bahasan:
1. Jenis
penelitian bahasa dan sastra,
2. Perbedaan penelitian kualitatif
dan kuantitatif
Pertemuan VI
Pokok bahasan:
1. Masalah
penelitian
2. Judul
penelitian
3. Merumuskan judul sesuai dengan
masalah
Pertemuan VII
Pokok bahasan:
1. Latar belakang
penelitian
2. Merumuskan latar belakang
Pertemuan VIII
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Pertemuan IX
Pokok bahasan:
1 Maksud, tujuan
dan manfaat penelitian
2 Merumuskan maksud, tujuan dan
manfaat penelitian
Pertemuan X
Pokok bahasan:
1. Identifikasi
dan rumusan masalah
2. Merumuskan identifikasi dan
rumusan masalah
Pertemuan XI
Pokok bahasan:
1. Anggapan
dasar dan hipotesis
2. Merumuskan anggapan dasar dan
hipotesis
Pertemuan XII
Pokok bahasan:
1. Metode
penelitian
2. Menentukan
metode penelitian
3. Pendekatan, metode, dan teknik
penelitian
Pertemuan XIII
Pokok bahasan:
1. Landasan teori
penelitian
2. Fungsi
landasan teori penelitian
3. Teknik merumuskan landasan teori
Pertemuan XIV
Pokok bahasan:
1. Menentukan
data
2. Mengumpulkan
data
3. Teknik
pengumpulan data
4. Pengolahan data
Pertemuan XV
Pokok bahasan
1. Proposal
penelitian
2. Fungsi
proposal penelitian
3. Sistematika
proposal penelitian
4. Penulisan proposal penelitian
Pertemuan XVI
UJIAN AKHIR
SEMESTER
5. Pendekatan/Metode/Teknik
Pendekatan : Kolaboratif,
komunikatif, dan keterampilan proses
Metode : Ceramah, diskusi, latihan,
pemecahan masalah, penugasan
Tugas : Portofolio hasil suntingan,
penyuntingan makalah/buku
6. Media Perkuliahan : OHP,
LCD/Power point
7. Evaluasi
1.
Kehadiran
2.
Penulisan proposal penelitian (Tugas UAS)
3.
Penyajian dan diskusi (Tugas Kelompok)
4.
Portofolio (Menyunting Proposal/ skripsi orang
lain)
5.
UTS
6.
UAS
8. Buku Sumber
Fraenkel, Jack R. dan Norman E.
Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. New
York: McGraw-Hill Inc.
Margono, S. 2004. Metodologi
Penelitian Penidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhadjir, Noeng. 2000. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin.
Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Moleong. Lexy J. 2002. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
Semi, Atar. 1990. Metode Penelitian Sastra. Bandung:
Angkasa.
Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks
Media. Bandung: Rosdakarya.
Syamsuddin, AR dan Vismaia S.
Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung:
Rosdakarya.
Wray, Alison, Kate Trott, dan Aileen
Blocme. 1998. Projects in Linguistik, A Practical Guide to Researching
Language. London: Arnold.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar